Perjalanan panjang menuju “New Zealand” (Part 3)

Standar

Di tengah-tengah diklat fungsional yang padat jadwal dan tugas… saya menerima hasil Test IELTS. Hasilnya: Tarararammmm…. Overall score 6.0 no band less than 5.5. Alhamdulillah.. cukup puas, bukan apa2… yang penting syarat beasiswa dulu, untuk Universitas bakal saya kejar lagi setelahnya. Selesai diklat mulailah saya fokus pada berkas2… berkas Aplikasi NZ-AS itu termasuk yang paling banyak dan ribet. tapi prinsip saya: Semakin Ribet semakin bagus, karena banyak saingan juga yang bakal mundur/mungkin karena ga lolos seleksi berkas saking ribet dan banyak yg harus dilengkapi. hehehehe.. Jadi… saya berusaha selengkappp mungkin! Berikut link menuju seleksi NZAS 2014/2015:

http://www.nzembassy.com/indonesia/relationship-between-new-zealand-and-indonesia/development-cooperation/asean-scholarships

Ga ada tips khusus tembus beasiswa ini. Cukup tolong bener2 ikuti apa syarat2nya…. Ketika dikatakan minimal pengalaman kerja 2 tahun, ya kalo pengalamannya kurang dari itu, berarti peluang lolos tipis kecuali kandidat tersebut benar2 mengusung Tema riset/jurusan yang menjadi bidang pokok sasaran beasiswa ini (i.e. Geothermal, disaster risk management, agriculture, dan renewable energy). Contoh seperti saya yang tidak apply di jurusan bidang pokok tsb, Saya ambil Jurusan Fisika The University of Auckland, bidang khusus: THz spectroscopy. Tapi saya memenuhi semua kriteria yang lain: Saya PNS, pengalaman kerja 2 tahun, Saya wanita (Women candidates are encouraged to apply), dan saya sudah punya supervisor yang sudah dengan rutin saling komunikasi. Oh ya, saya juga sudah punya conditional offer letter (masih conditional karena IELTS saya belum 6.5), kemudian saya mengantongi 3 surat rekomendasi dari 3 doktor di kantor (yang juga atasan saya), serta profesor (dosen) saya sewaktu S1. Surat rekomendasi dari atasan dan dosen pembimbing S1 ini sangat penting! jangan sampe terlewat, karena saya melewatkan syarat dosen S1 tersebut kemudian saya tanyakan pada mereka apa hal itu masih bisa menjadi pertimbangan jika saya tidak menyertakan surat rekomendasi dr dosen, mereka bilang tidak. dan saya tetap harus menyertakan, walau saat itu harus disusulkan melalui email

Saya mengirimkan aplikasi H-1 sebelum tutup, karena menunggu surat rekomendasi lain2 dari kantor. Tiki dan JNE punya layan YES/1 hari sampai, tapi mereka tidak bisa ke PO BOX. Akhirnya saya ke Kantor POs yang tidak janji 1 hari sampe. Resiko itu saya ambil, paling tidak Cap Pos tetap masih tercatat sebelum deadline. Setelah mengirimkan ke kantor pos… rasanya Lega… dan terus berdoa mudah2an dapat diterima oleh pihak panitia dengan baik serta bisa terseleksi dan diterima…

Hari demi hari…. tak kunjung ada berita. Saya apply beasiswa tersebut sekitar April 2012. Hingga Agustus akhir belum ada pengumuman. Hingga akhirnya salah satu teman saya, yang juga apply beasiswa tersebut bilang kalau dia sudah dapat email penolakan. nah loh.. makin galau belum ada berita. Saya cuma berpikir, dulu saat saya ikut seleksi beasiswa TOTAL, saya mendapat surat penolakan lebih cepat daripada teman yang ditelpon karena diterima. Saya berharap hal yang sama.. hmmm…. hingga suatu hari di bulan September (kalau tidak salah minggu pertama September) saya ditelpon dari pihak NZAS untuk wawancara per-telpon. Saat itu saya sedang rapat bulanan bidang di kantor. Kaget??????!!! Iyalah. ga ada persiapan apa-apa… dan saya hanya menjawab sebisa saya dengan penuh Percaya Diri walau Bahasa inggris belepotan karena shock tiba2 ditelpon dan yang kedua blank ga ada persiapan. terus saya disuruh nunggu lagi berita selanjutnya. Sampai pada akhirnya tanggal 18 September 2012 saya menerima email yang bunyinya:

Dear Nurfina Yudasari,

As per our phone conversation earlier, we would like to invite you for
a panel interview. This is part of the New Zealand ASEAN Awards
(NZ-AS) selection process.

The interview will be held at 9am on 19 September 2012 at New Zealand
Embassy,  Floor 10, Sentral Senayan 2 Building, Jakarta.

Please reply to this email to confirm your attendance. If you will not
be able to attend, please kindly inform us.

We look forward to seeing you on 19 September 2012.

Best wishes,

W.John Howe
Team Leader
NZ-AS Programme
Managed by PT Austraining Nusantara

(to be continued…)

4 responses »

  1. Dear Mba Nurfina, sy tguu lanjutan sharing-nya ttg beasiswa NZ-Asean. Krn sy berminat sekali apply beasiswa ini namun msh blm pede, mdh2n thn dpn msh ada kesempatan jd sy bs mnyiapkan berkas/tes IELTS lbh awal. Nice info mba. Thx

    • makasih.. iya. Insyaallah dilanjutkan sebentar ya lagi ngerjain thesis dulu. Insyaallah awal Juli aku update🙂

Tinggalkan Balasan

